Begini Cara Uninstall Aplikasi di Laptop 2022

Saat kita uninstall sebuah aplikasi di Windows 10 melalui Kontrol Panel seperti umumnya karena itu sebetulnya tidak seluruhnya file tersisa dari aplikasi itu terhapus dengan bersih. Masih tetap ada beberapa file yang ketinggalan di drive seperti temporary files, registry entry, dan leftover files yang lain tidak terhapus sendirinya terkecuali kita membersihkan. Bagaimana cara uninstall aplikasi di laptop  bisa terhapus dengan bersih?

Untuk hapus sebuah aplikasi sampai bersih ke akar-akarnya kita dapat memakai cara-cara, dapat dengan manual yakni mendapati file tersisa satu demi satu lalu menghapusinya atau memakai aplikasi. Bila memakai aplikasi kita dapat melakukan secara automatis dan prosesnya semakin lebih cepat.

Kesempatan ini teknosentrik akan beri cara-cara untuk uninstall aplikasi sampai bersih di Windows 10 baik memakai aplikasi atau tanpa aplikasi. Anda dapat memakai cara yang mana paling dicintai.

Cara uninstall aplikasi sampai bersih di Windows 10

1. Memakai aplikasi uninstaller RevoUninstaller.

Aplikasi ini cukup baik untuk hapus sebuah aplikasi sampai bersih secara automatis. Saya sudah lama memakai aplikasi ini dan memang performanya benar-benar efisien. Kita dapat hapus aplikasi apa sampai bersih ke akar-akarnya.

Unduh aplikasi RevoUninstaller disini: https://www.revouninstaller.com/revo-uninstaller-free-download/

2. Membuka RevoUninstaller lalu dapatkan aplikasi yang ingin dihapus

Seterusnya membuka aplikasi RevoUninstaller, pada penampilan khusus aplikasi ini Anda akan menyaksikan daftar semua aplikasi yang terinstall di computer. Dapatkan aplikasi yang ingin dihapus lalu click 1x.

3. Click tombol Uninstall

Pada panel samping kiri click tombol Uninstall. Nantikan sesaat, kelak jendela popup uninstaller akan ada. Kerjakan proses uninstall seperti umumnya.

4. Click Advanced scanner

Sesudah proses uninstall usai, kelak akan ada jendela Scanner. Tentukan model Advanced untuk hapus file tersisa aplikasi sampai bersih sampai ke akar-akarnya.

5. Click tombol Scan

Seterusnya click tombol Scan dan nantikan sampai proses scan usai. Proses scanning kemungkinan memerlukan waktu lumayan lama bergantung dari jumlahnya file tersisa dari aplikasi yang dihapus. Nantikan saja sampai usai.

6. Hapus semua file tersisa yang berada di drive

Sesudah usai, Anda akan menyaksikan semua file tersisa dari aplikasi yang telah di uninstall yang disimpan di drive. Contreng semua file itu lalu click tombol Delete.

7. Hapus semua registry entry yang sisa

Seterusnya scan pada registry entry selanjutnya click tombol Scan. Sesudah hasilnya ada, contreng semua registry entry yang sisa lalu click tombol Delete.

Usai, kita telah sukses hapus aplikasi di Windows 10 sampai bersih secara automatis memakai aplikasi RevoUninstaller.

Cara hapus aplikasi sampai bersih ke akar-akarnya di Windows 10 tanpa aplikasi

Selainnya memakai RevoUninstaller kita bisa juga lakukan uninstall aplikasi di Windows 10 sampai bersih dengan manual tanpa aplikasi tambahan. Trick ini pas sekali untuk Anda yang ingin mengirit bujet, karena aplikasi RevoUninstaller tidak gratis, kita harus beli versus pro supaya bisa memperoleh sejumlah fitur selengkapnya.

Memakai cara manual ini hasilnya sama juga, kita dapat hapus aplikasi sampai bersih ke akar-akarnya, namun triknya memang sedikit panjang dan harus dilaksanakan lewat cara manual.

Berikut beberapa caranya:

1. Membuka KontroE Panel > Aplikasi and Fiturs

Pertama membuka Kontrol Panel selanjutnya tentukan menu Aplikasi and Fiturs.

2. Dapatkan aplikasi yang ingin diuninstall

Anda akan menyaksikan semua aplikasi yang terinstall di computer, seterusnya mencari aplikasi yang ingin dihapus.

3. Click kanan pada aplikasi itu > Uninstall

Sesudah aplikasi diketemukan, click kanan lalu tentukan Uninstall. Kerjakan proses uninstall seperti umumnya sampai usai.

4. Membuka Windows Explorer

Cara setelah itu membuka aplikasi Windows Explorer. Kita akan cari satu-satu file tersisa dari aplikasi yang telah di uninstall itu lalu menghapusinya.

5. Dapatkan file tersisa dan hapus dengan manual

File tersisa dapat Anda dapatkan pada directory berikut:

C:Aplikasi Files, C:UsersNama pemakai AndaAppDataRoaming

C:UsersBaronNama pemakai AndaLocalTemp

Dapatkan file tersisa dengan manfaatkan feature search, triknya tulis nama aplikasi pada kolom search.

Tiap folder atau file yang mempunyai nama yang serupa dengan aplikasi yang telah di uninstall ialah file sampah yang dapat Anda hapus. Dapatkan semua file sampah lalu hapus satu demi satu sampai bersih.

6. Membersihkan Sistem Registry

Seterusnya membersihkan registry entry memakai aplikasi cleaner, Anda dapat memakai salah satunya aplikasi cleaner yang pernah kami referensikan di sini:

Aplikasi Cleaner PC terbaik untuk Windows

Sesudah semua cara usai dilaksanakan secara benar seterusnya re-start dahulu computer Anda.

Usai, kita telah sukses hapus aplikasi di Windows 10 sampai bersih ke akar-akarnya. Selamat mempraktikkan dan mudah-mudahan posting ini dapat menolong.