Manajemen Utang: Bagaimana Mengkonsolidasikan Utang Sendiri
Manajemen Utang: Bagaimana Mengkonsolidasikan Utang Sendiri Sumber : cdn2.hubspot.net

Manajemen Utang: Bagaimana Mengkonsolidasikan Utang Sendiri

Butuh konsolidasi utang?

Kemungkinannya adalah, Anda melakukan yang terbaik untuk melunasinya secepat mungkin. Anda ingin bebas dari hutang.

Gol yang pasti layak.

Tapi apa yang Anda lakukan sementara itu?

Memiliki rencana pengelolaan utang sama pentingnya dengan memiliki rencana pengurangan utang. Ini dapat menghemat keuntungan ratusan atau ribuan dolar, dan mungkin mengurangi total waktu yang diperlukan untuk bebas dari hutang.

 

Sumber : cermati.com

 

Inilah cara melakukannya dengan benar, tanpa pergi ke perusahaan konsolidasi utang yang mahal atau dipertanyakan. Dan lupakan pinjaman konsolidasi utang itu! Anda memiliki sebagian besar alat yang Anda butuhkan untuk melakukannya sendiri.

Pertama, berjanjilah pada diri sendiri bahwa Anda tidak akan berutang lagi. Letakkan semua kartu kredit Anda di suatu tempat di sebelah dompet Anda. Salah satu tempat favorit saya adalah freezer. Pada saat Anda mencairkan kartu untuk menggunakannya, Anda mungkin telah berubah pikiran tentang pembelian Anda. Mengapa begitu drastis? Karena Anda tidak dapat mengelola hutang Anda jika Anda terus menambahkannya.

Sekarang, Anda perlu membuat daftar semua hutang yang Anda miliki. Membuat bagan atau spreadsheet mungkin adalah cara termudah untuk menyortir semua informasi penting.

Daftar berikut ini:

  • Nama kreditur
  • Saat ini, asal usul hutang
  • Pembayaran minimal
  • Suku bunga
  • Kontak nomor telepon
  • Alamat situs web dengan informasi login

Selanjutnya, tambahkan jalur kredit apa pun yang mungkin telah Anda buka tetapi tidak ada kredit ke daftar di atas. (Nanti saya jelaskan alasannya.) Isi semua informasi di atas, kecuali jumlah pokok dan pembayaran minimum tentunya.

Ambil daftar Anda dan mulailah menelepon setiap perusahaan kartu kredit Anda yang ada. Tanyakan tentang penawaran mereka saat ini untuk transfer saldo. Nyatakan bahwa Anda bersedia mentransfer saldo Anda ke kartu bank lain jika tawaran yang lebih baik muncul.

Buat catatan pada grafik atau spreadsheet untuk setiap presentasi. Lihat detail yang lebih baik: tanyakan apakah ada biaya transfer saldo, berapa lama periode tarif rendah berlangsung, apa yang terjadi pada saldo yang ditransfer jika Anda melakukan pembayaran terlambat, dll.

Ketahuilah bahwa trik umum sekarang adalah menawarkan tarif yang sangat rendah untuk saldo yang ditransfer tanpa biaya, selama Anda membebankan jumlah tertentu per periode penagihan, katakanlah $25, yang ditagih dengan tingkat bunga yang lebih tinggi daripada saldo yang Anda transfer. Karena perusahaan kartu kredit menerapkan pembayaran Anda ke saldo dengan harga terendah terlebih dahulu, Anda akan dikenakan suku bunga yang lebih tinggi pada biaya bulanan hingga saldo yang ditransfer dibayarkan.

 

Sumber : quoracdn.net

 

Misalnya, Anda mentransfer $5.000 pada 1,9%. Harga naik dalam 6 bulan kecuali Anda menagih setidaknya $25 per bulan pada akhir periode penagihan Anda. Pembelian dihitung sebesar 11,9%. Jika Anda membayar $200 per bulan pada kartu tersebut, akan memakan waktu 25 bulan untuk melunasi saldo yang ditransfer (mengabaikan biaya keuangan). Sementara itu, selama 25 bulan, Anda akan mengurangi $25, yang bertambah menjadi saldo $625 ditambah bunga 11,9%.

Trik ini tidak akan merugikan Anda jika Anda bisa mendapatkan tingkat bunga yang rendah untuk pembelian (misalnya, kurang dari 9,9%) dan pastikan untuk menagih hanya jumlah yang dibutuhkan untuk mempertahankan tingkat konversi yang rendah. Ketika saldo yang ditransfer dibayarkan, simpan juga uang tunai untuk pembelian.

Nah, mari kita kembali ke manajemen utang.

Setelah Anda menghubungi semua perusahaan kartu kredit Anda, pilih salah satu dengan penawaran terbaik. Transfer sebanyak mungkin saldo Anda ke kartu itu. Jika tidak ada cukup ruang, minta kenaikan batas kredit, atau pindahkan sisanya ke kartu dengan penawaran terbaik kedua.

Catatan: Jika Anda meminta kartu penawaran terbaik untuk meningkatkan batas kredit Anda, itu akan muncul di laporan kredit Anda, jadi kecuali saldo Anda dalam GBP, berhati-hatilah.

Cari tahu kapan tarif perkenalan kedaluwarsa dan catat kalender Anda. Jika kredit Anda belum dibayar saat itu, buat cadangan selama sekitar enam minggu dan buat catatan untuk mencari tarif baru yang lebih rendah.

Setelah selesai, Anda harus memiliki semua saldo kartu kredit Anda hanya pada satu atau dua kartu. Mungkin tiga.

Pada titik ini, sebagian besar ahli merekomendasikan untuk menutup akun Anda yang lain. Saya tidak setuju, kecuali jika itu meningkatkan kredit Anda, dan Anda harus segera melakukan pembelian besar, seperti hipotek. Masukkan kartu-kartu ini ke dalam freezer sebagai gantinya.

Mengapa Anda tidak menutupnya? Karena jika Anda perlu mentransfer saldo lagi, perusahaan kartu kredit ini akan lapar untuk mendapatkan bisnis Anda kembali. Jika Anda dengan setia membayar saldo yang ditransfer tepat waktu, saldo Anda akan dalam kondisi baik (atau setidaknya lebih baik dari sebelumnya) dan akan jatuh di semua tempat untuk mendorong Anda kembali saldo.

 

Sumber : blog.prophix.com

 

Catatan lain di sini: Jika Anda tidak dapat mengontrol pengeluaran kartu kredit Anda, tutup akun dengan segala cara. Tidak ada strategi manajemen hutang yang bermanfaat jika itu berarti Anda akan semakin menenggelamkan diri Anda dalam hutang!

Beberapa orang sering bertanya kepada saya apakah masuk akal untuk menempatkan hutang kartu kredit mereka pada pembelian rumah atau jalur kredit, karena mereka sering memiliki tingkat bunga pengantar yang rendah. Saya ragu untuk merekomendasikan ini. Kepemilikan rumah dijamin oleh tempat tinggal utama Anda. Jika Anda tidak dapat membayar, penyitaan bank. Mengapa mengambil kesempatan jika ada cara lain?

Dapatkan utang Anda ke tingkat serendah mungkin, lacak kapan suku bunga rendah berakhir, dan bayar sebanyak mungkin secepat mungkin.

Jangan membayar orang lain untuk melakukan ini untuk Anda. Konsolidasikan hutang Anda, lalu buat rencana untuk melunasinya secepat mungkin.

Saya tahu Anda bisa melakukannya!