Hutang - Bayar Secara Strategis
Hutang - Bayar Secara Strategis Sumber : storage.nu.or.id

Hutang – Bayar Secara Strategis

Saat melunasi utang, sedikit strategi berjalan jauh. Ini benar-benar dapat menghemat ratusan, bahkan ribuan dolar dalam biaya bunga. Dan bagian terbaiknya adalah bahwa strategi terbaik dan paling efektif mudah diikuti.

Daftar hutang Anda
Buat daftar semua hutang Anda: jumlah masing-masing, pembayaran bulanan dan tingkat bunga. Anda mungkin kesulitan menemukan informasi ini, tetapi ada baiknya mengumpulkan semuanya di satu tempat dan mendokumentasikannya dalam format yang dapat Anda ikuti. Anda tidak dapat mengelola utang Anda secara strategis jika Anda bahkan tidak mengetahuinya sepenuhnya, bukan?

 

Sumber : photo.reqnews.com

 

Ingatlah untuk menyertakan kartu kredit Anda (pastikan untuk memasukkan berbagai tarif dan saldo untuk pembelian dan penarikan tunai), kartu pinjaman dan hipotek lainnya, dan bahkan uang yang Anda pinjam dari teman atau keluarga. Semua hutang dihitung ketika Anda mencoba melunasinya secara penuh atau menguranginya ke tingkat yang dapat dikelola.

Hutang Buruk dan Hutang Baik
Tinjau hutang Anda dan atur menjadi hutang “baik” dan “buruk”. Ini mungkin terdengar sedikit aneh, tetapi tidak semua utang diciptakan sama – jenis utang tertentu tidak seburuk utang lainnya. Hipotek, misalnya, adalah investasi di sebuah rumah, yang dibayar selama jangka waktu tertentu – tidak ada risiko nyata membayar jumlah bunga yang konyol atau tidak pernah membayarnya kembali. Di sisi lain, bunga yang Anda bayarkan dengan kartu kredit tidak dapat dikurangkan dari pajak dan tidak terikat pada aset yang bernilai sehingga utangnya adalah utang “buruk”. Berikut beberapa contoh kedua jenis utang tersebut:

Hutang Baik – Hipotek, Pinjaman Pelajar, Pinjaman Mobil
Kredit Macet – Kartu Kredit, Kartu Toko

Sebagai aturan, hutang yang baik adalah untuk jangka waktu tertentu dan memungkinkan Anda untuk membeli sesuatu yang berharga tanpa hutang, yang tidak dapat Anda bayar sebaliknya. Di sisi lain, kredit macet “berputar” dan digunakan sebagai pengganti uang tunai untuk membeli produk dan layanan yang tidak penting dalam banyak kasus.

Tentukan Prioritas
Untuk saat ini, singkirkan hutang baik Anda dari daftar. Anda seharusnya tidak berpikir untuk melunasi hutang baik Anda lebih awal sampai Anda melunasi semua hutang buruk Anda.

Pertama, urutkan utang Anda berdasarkan tingkat bunga, dengan tingkat bunga tertinggi di atas. Kemungkinannya adalah bahwa hutang di atas akan menjadi toko atau kartu kredit, yang dapat memiliki tingkat bunga yang sangat tinggi. Selanjutnya, cobalah untuk mentransfer uang sebanyak mungkin dari kartu berbunga lebih tinggi di bawah daftar ke kartu berbunga lebih rendah.

Setelah Anda melakukannya, fokuskan seluruh energi Anda untuk melunasi utang dengan tingkat bunga tertinggi. Bayar minimum untuk segala hal lainnya dan berikan uang sebanyak mungkin untuk melunasi utang itu secepat mungkin.

 

Sumber : riaupos.co

 

Beberapa ide untuk penghasilan tambahan bulanan adalah: Hilangkan kewajiban bulanan yang tidak perlu dan sisihkan uang ini untuk pembayaran Anda. Sampai Anda melunasi hutang buruk Anda – berhenti menabung. Melacak ke mana uang Anda pergi, selama satu atau dua bulan. Ini akan memungkinkan Anda untuk menemukan area di mana Anda menghabiskan uang dengan sembrono dan yang dapat Anda gunakan untuk melunasi hutang Anda.

Lakukan yang terbaik untuk menghentikan kebiasaan mahal yang mungkin Anda miliki. Anda akan terkejut betapa cepatnya utang Anda bisa turun jika Anda menggunakan uang yang biasanya Anda habiskan untuk merokok, minum, atau berjudi untuk itu! Saya tidak mencoba merusak kesenangan Anda di sini. Lakukan pengorbanan kecil untuk sementara waktu, dan hidup Anda akan jauh lebih baik dalam jangka panjang.

Anda harus agresif terhadap utang macet yang berbunga tinggi dan fokus untuk menyingkirkannya dengan cara apa pun. Ini adalah perang, jadilah agresor, menangkan pertempuran bulanan dan sebelum Anda menyadarinya, Anda akan memenangkan perang melawan hutang.