10 Langkah Sukses Konsolidasi Utang

Jika Anda mengalami kesulitan menyeimbangkan pendapatan dan pengeluaran Anda karena utang yang besar, baca terus dan temukan pilihan Anda dalam konsolidasi utang kartu kredit.

Konsolidasi hutang dapat menjadi pilihan yang sangat baik ketika Anda menemukan bahwa keuangan Anda di luar kendali tetapi sebelum Anda keluar dan mendaftar untuk pinjaman konsolidasi hutang, ada beberapa faktor yang harus Anda pertimbangkan.

 

Sumber : hubspot.net

 

1). Mengapa Anda Ingin Mengkonsolidasikan Utang?

Prinsip dasar konsolidasi utang adalah Anda mengambil satu pinjaman dan menggunakan pinjaman itu untuk melunasi semua utang, pinjaman, dan cerukan kartu kredit Anda.

Ini biasanya menghasilkan pembayaran yang lebih rendah yang umumnya tersebar dalam jangka panjang. Sebelum memulai konsolidasi utang, Anda harus terlebih dahulu mempertimbangkan apakah ada alternatif yang lebih baik.

2). Menjual Aset Untuk Melunasi Hutang Anda

Alih-alih menjadwal ulang hutang Anda, lihat apakah ada cara untuk melunasi sebagian atau seluruh hutang Anda sendiri. Jual barang-barang berharga yang tidak diinginkan dan barang-barang lainnya.

Tergantung pada barang yang dapat Anda jual ke pedagang, beriklan di iklan baris lokal atau melalui Ebay. Jual buku yang tidak diinginkan melalui Amazon. Jika utang Anda sangat tinggi dan Anda memiliki rumah, pertimbangkan untuk menguranginya untuk membebaskan ekuitas.

3). Bayar Lebih Dari Kartu Kredit Minimum Anda.

Jika Anda dapat melakukan lebih dari pembayaran bulanan minimum, Anda harus mempertimbangkan dengan serius untuk terus menggunakan kartu kredit Anda yang ada dan melunasi hutang selama 12 hingga 18 bulan ke depan.

Meskipun ini mungkin berarti membatasi pengeluaran Anda di bidang lain, ini akan menjadi pilihan termurah dalam jangka panjang. Tentu saja Anda masih bisa memilih konsolidasi utang untuk mempermudah pengelolaan utang Anda.

4). Jika saat ini Anda hanya mengelola pembayaran minimum bulanan pada kartu kredit Anda, atau jika total utang kartu kredit Anda meningkat setiap bulan, konsolidasi utang mungkin menjadi pilihan yang tepat. Ada beberapa pilihan ketika mempertimbangkan konsolidasi utang:

5). Hipotek atau Hipotek Ulang

Jika Anda memiliki rumah sendiri, suku bunga terendah dapat diperoleh dengan mendapatkan hipotek baru untuk melunasi hipotek Anda yang ada (jika ada) ditambah cukup uang untuk melunasi utang Anda yang lain.

 

Sumber : img.idxchannel.com

 

Jika melunasi hipotek Anda yang ada akan menghasilkan biaya penalti, pertimbangkan untuk mengambil hipotek kedua dengan pemberi pinjaman Anda saat ini. Bunga yang dikenakan mungkin akan sedikit lebih tinggi tetapi tidak jauh lebih tinggi.

6). Dapatkan Pinjaman Aman Dengan Pemberi Pinjaman Lain

Jika Anda telah melewatkan atau tertinggal dalam pembayaran apa pun, dan akibatnya, skor kredit Anda terlalu rendah untuk pemberi pinjaman hipotek Anda, pertimbangkan untuk mengambil pinjaman aman dengan pemberi pinjaman lain.

Pinjaman dijamin dalam keadaan ini lebih mahal dan pemberi pinjaman cepat mendapatkan rumah Anda kembali jika Anda melewatkan pembayaran. Hanya ambil rute ini jika Anda yakin bisa membayar.

Bergantung pada seberapa buruk riwayat kredit Anda, selama Anda menyimpan semua pembayaran Anda selama 1 hingga 3 tahun ke depan, Anda dapat menukar pinjaman ini dengan hipotek atau hipotek ulang setelah skor kredit Anda meningkat. Namun, akan ada penalti jika Anda melunasi pinjaman yang dijamin lebih awal. Pastikan untuk membaca detail yang lebih baik.

7). Pinjaman Yang Dijamin Dengan Aset Lain

Jika Anda memiliki mobil, kapal, atau pesawat yang mahal, kemungkinan besar Anda akan dapat memperoleh pembiayaan dengan menggunakan aset tersebut sebagai jaminan. Tingkat bunga akan lebih tinggi dari pinjaman dijamin di properti. Jika Anda tidak memiliki real estat atau sepenuhnya digadaikan, mengambil pinjaman untuk aset lain dapat menjadi pilihan.

8). Pinjaman Tanpa Agunan

Jika Anda tidak memiliki properti atau aset lain, pinjaman tanpa jaminan sering kali menjadi kemungkinan. Pinjaman tanpa jaminan biasanya dalam jangka waktu yang lebih pendek, biasanya sampai maksimum 7 tahun tetapi kadang-kadang lebih lama. Akibatnya, premi bulanan akan lebih tinggi tetapi utang akan berkurang dengan cepat.

Karena pemberi pinjaman tidak memiliki agunan, properti dan aset Anda kurang berisiko jika Anda gagal bayar. Pemberi pinjaman dapat, bagaimanapun, mengirim juru sita jika mereka mendapatkan perintah pengadilan.

Karena tidak ada jaminan, perkirakan untuk membayar tingkat bunga yang lebih tinggi, terutama jika Anda memiliki riwayat kredit yang buruk.

9). Jangan Lupa Opsi Kartu Kredit.

Jika utang Anda relatif rendah dan Anda masih memiliki riwayat kredit yang masuk akal, ajukan kartu lain dengan kredit 0% atau bunga rendah, ini bisa menjadi alternatif pinjaman konsolidasi utang.

Lakukan transfer saldo 0% jika Anda secara realistis dapat melunasi semua atau sebagian besar utang dalam periode transfer saldo 0%. Namun, jika masih ada utang yang signifikan pada akhir periode transfer saldo, beralihlah ke tingkat bunga yang lebih rendah secara permanen.

Ketahuilah bahwa mungkin ada biaya 2-3% untuk transfer saldo. Untuk memastikan Anda tidak pernah lagi terjerumus ke dalam utang, potong semua kartu kredit Anda dan tutup rekening pembayaran.

 

Sumber : okezone.com

 

10). Periksa Semua Opsi Sebelum Membuat Keputusan.

Saat Anda meneliti semua opsi, akan segera menjadi jelas jika ada satu solusi yang jelas. Bagi banyak individu, akan ada lebih dari satu opsi, jadi penting untuk memeriksa semuanya sebelum membuat keputusan akhir. Pergi ke pilihan pemberi pinjaman yang berbeda, hipotek atau pinjaman broker dan mendapatkan paket terbaik untuk Anda. Ingatlah bahwa Anda memiliki keputusan akhir dan hanya meminta tidak mengharuskan Anda untuk mengambil tindakan apa pun.

Untuk sejumlah besar orang, konsolidasi utang memberikan solusi ideal untuk utang kartu kredit yang berlebihan. Menyelesaikan masalah hutang membutuhkan sedikit waktu, tenaga dan tekad. Setelah Anda menyelesaikan utang Anda, Anda akan menemukan hidup lebih menyenangkan dan nyaman, tanpa penagih utang menelepon Anda atau menelepon Anda melalui surat atau telepon, itu akan jauh lebih sedikit stres.