Kamera Vivo X80 Pro, Kemewahan Gaya Bokeh Zeiss

Kamera Vivo X80 Pro adalah ponsel andalan Vivo yang akan memulai debut teknologi terbaru pada tahun 2022.

Ponsel yang terlihat mewah dari luar ini memiliki layar berukuran besar 6,7 inci tanpa bezel dan sisi melengkung, sehingga memiliki layar borderless.

Yang kami ulas kali ini adalah kamera Vivo X80 Pro dalam warna Cosmic Black.

Finishing pada bagian belakang ponsel ini halus dan memiliki tekstur ringan yang memberikan sedikit kilau saat terkena cahaya.

Review Kamera Vivo X80 Pro, Kemewahan Gaya Bokeh Zeiss

Modul kamera diatur dalam panel bundar, tidak seperti X70 persegi panjang. Panel ini sedikit menonjol dari badan ponsel.

Empat modul lensa ponsel ini adalah:

Sekilas, susunan modul kamera X80 PRO mirip dengan X70 Pro+, namun kini ada beberapa peningkatan pada bodinya dengan aperture dan sensor yang sedikit lebih besar.

Body kamera ini biasanya memiliki lensa sekitar 26mm yang banyak digunakan.

Ukuran Kamera

Kertas memiliki sensor 50MP, tetapi pengaturan default kamera menghasilkan file 12MP, kecuali jika Anda memilih mode resolusi tinggi.

Menurut pengalaman saya, lebih baik menggunakan versi default karena tidak ada pola dan noise pada gambar, terutama di bagian gambar yang gelap.

Karena ukuran sensor dan aperture sensor yang besar, bodi ini difokuskan untuk memotret dalam kondisi kurang cahaya.

Unit kedua adalah unit super cepat, yang sangat berguna saat memotret ruang dalam ruangan atau lanskap yang sangat besar.

Perangkat ketiga adalah favorit saya karena memiliki panjang fokus sekitar 50mm, sehingga cocok untuk berbagai jenis fotografi, termasuk potret.

Pada Vivo X80 Pro ini, unit 2x ini juga memiliki tambahan gimbal stabilizer yang membantu saat merekam video.

Sayangnya, rata-rata sensor untuk perangkat standar ini adalah 1/2,9 inci, namun didukung oleh aperture yang cukup besar yaitu f/1.9.

Detail gambar agak kurang saat memotret dalam cahaya rendah. Saya berharap perangkat ini memiliki sensor yang lebih besar sehingga detail gambar akan lebih baik.

Perangkat terakhir adalah lensa telefoto dengan zoom periskop 5x atau setara sekitar 125mm.

Anda dapat memperbesar kembali hingga 60x saat menggunakan lensa ini, tetapi kualitas gambar akan berkurang secara signifikan.

Perangkat ini cocok untuk gambar subjek yang jauh.

Dari pengamatan saya, banyak smartphone saat ini menggunakan kombinasi empat unit lensa seperti X80, yang sekilas cukup untuk kebutuhan fotografi dan video sehari-hari atau untuk bepergian.

Gambar dalam unit yang berbeda terlihat bagus di layar, tetapi ketika diperbesar 1:1 pada layar yang lebih besar, kualitas detail yang ditangkap tidak berbeda dengan sistem kamera sensor besar.

bokeh lensa ZEISS

Bagaimana dengan bokeh lensa ZEISS yang unik?

Untuk video, kamera utama Vivo X80 mampu merekam hingga 8K, [email protected]/60fps, [email protected]/60fps, Gyro-EIS.

Fitur baru X80 adalah gimbal OIS dalam unit 2X (50mm), yang membantu stabilitas saat merekam atau merekam video tanpa gimbal atau tripod.

Di sisi perangkat lunak, sekarang ada tema reguler dan opsi tema ZEISS. Perbedaannya terkadang tidak terlalu besar.

Jika Anda membandingkannya dengan baik, mode ZEISS, saturasi, dan kontras lebih rendah dari mode normal.

Saya senang membuat pilihan seperti ini karena terkadang tidak semua subjek cocok dalam warna dan kontras tinggi.

Seperti ponsel sebelumnya, untuk selfie, ada simulasi bokeh yang berbeda dalam gaya lensa Zeiss,

Hasil tampilan bokeh terlihat selama pengujian, dan pemilihan subjek mungkin tidak terlalu elegan hanya dalam kondisi pencahayaan yang kompleks, seperti cahaya latar atau latar belakang yang sedikit rumit. T

Terutama pada area rambut  yang tidak rata seperti: Simulasi bokeh ini dapat diterapkan saat memotret, tetapi Cinematic hanya dapat diaktifkan untuk perekaman video.

Setelah mencoba mengambil gambar dan mengolahnya, kamera terasa sedikit hangat. Ya, masuk akal karena proses simulasi bokeh membutuhkan daya prosesor yang signifikan.

Untuk foto malam hari, kamera membutuhkan waktu sekitar 2 detik dan jika subjek yang dibidik diam, hasilnya akan lebih detail, terutama di area gambar yang gelap.

Secara umum, kamera Vivo X80 mirip dengan pendahulunya, dengan lebih banyak perubahan, terutama dari sisi perangkat lunak.

Selain itu, desain bodi dan layar yang sangat besar dan mewah memberikan nuansa yang lebih mewah dari seri sebelumnya.

Itulah ulasan mengenai Kamera Vivo X80 Pro, dengan Gaya Bokeh Zeiss yang dihimpun alvnara.