Review Samsung Galaxy Z Fold 4: Z Fold 3 Lebih Enak Dipegang

Review Samsung Galaxy Z 4 Z Fold 3 tak perlu diragukan kualitasnya dengan harga termurah Rp 25 juta, pengguna berharap mengharapkan performa terbaik.

Tidak, komponen hardware yang ada di dalamnya bisa dibilang merupakan teknologi terbaru dan terbaik yang ditawarkan Samsung.

Ponsel lipat ini ditenagai dengan chipset teranyar Qualcomm Snapdragon 8 Plus Gen 1 yang dipadukan dengan RAM 12GB, serta media penyimpanan dengan tiga opsi, yaitu 256GB, 512GB, dan 1TB.

Dengan spesifikasi “monster”, kami tentunya bisa melakukan kegiatan membuka banyak aplikasi (multitasking) dengan mudah dan cepat, tanpa khawatir perangkat lemot.

Review Samsung Galaxy Z Fold 4: Z Fold 3 Lebih Enak Dipegang

Belum lagi ada beberapa fitur yang bisa mendukung kegiatan multitasking dan meningkatkan produktivitas pengguna.

Salah satunya adalah fitur Taskbar, di mana pengguna kini bisa berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya dengan hanya mengeklik ikon aplikasi yang berada di deret ikon ada di tampilan bawah layar.

Pengguna juga bisa melakukan drag and drop pada deret aplikasi yang ada di ikon Taskbar ke layar di bagian kanan, atau laar di bagian kiri.

Jika demikian, Anda dapat membuka dua aplikasi secara bersamaan, satu di layar kanan dan satu di layar kiri.

Bilah tugas juga sepenuhnya otomatis karena hanya ikon aplikasi yang sedang dibuka/baru dibuka yang ditampilkan di bilah tugas.

Setelah itu, ukurannya akan mengikuti jumlah aplikasi yang ditampilkan di taskbar. Membuka banyak aplikasi mengurangi ukuran bilah tugas dan sebaliknya.

Aktivitas multitasking bisa meningkat lagi dengan adanya digital stylus (S Pen), yang sayangnya tidak tersedia dalam paket penjualan Galaxy Z Fold 4.

Kami tidak sempat menjajal fitur S Pen di Galaxy Z Fold 4. Namun, pengalaman dan fiturnya akan sedikit mirip dengan penggunaan S Pen di Galaxy Z Fold 3.

Standar Dan Main Game – Review Samsung Galaxy Z

Galaxy Z Fold 4 Dipakai Main Genshin Impact.

Kapan nyaman dipakai multitasking, bagaimana dengan bermain game? Jawabannya tetap sama, yaitu Galaxy Z Fold 4 tetap asik dan enak dipakai untuk menjalankan aneka game tanpa adanya ngadat atau gagap.

Namun sebelum membhahas hasil uji coba game, ada baiknya untuk mengetahui skor Benchmark Geekbench, AnTuTu, hingga 3DMark yang dihasilkan Galaxy Z Fold 4.

Berdasarkan pengujian kami, ponsel lipat ini mampu menghasilkan skor benchmark AnTuTu 985.823 poin, serta skor benchmark Geekbench 1.289 poin untuk single core dan 3.637 poin untuk multi-core.

15,90 FPS pada Untuk 3DMark Pengujian “Wild Life Extreme”, frame rate dasar 2,647 frame rate (FPS).

Dengan hasil benchmark seperti ini, hardware Galaxy Z Fold 4 bisa dibilang cukup mumpuni untuk menjalankan aneka game “berat”.

Ketika kami memainkan game Geshin Impact selama sekitar 1 jam di pengaturan grafis “Medium”dengan frame rate 60 FPS, misalnya, kami tidak menemukan adanya masalah stuttering atau crash.

Pengaturan grafis sendiri bisa diatur ke level tertinggi alias “rata kanan”. Namun, ponsel tentunya akan cepat panas dan berpengaruh terhadap performa game.

Saat ini game populer berbasis game PUBG Mobile, Mobile Legends, Call of Duty Mobile, dan lane sevagainya, kami tak menemukan adanya masalah ketika memainkan judul-judul game tersebut di pengaturan grafis tertinggi it-1 30 men

Baterai awet, kamera tetap oke – Review Samsung Galaxy Z

Gambar Galaxy Z Fold 4. Bisa dilihat, ponsel ini maampu dipakai seharian dengan layar tepat waktu mencapai 10 jam di pemakaian normal.

Lantas, bagaimana dengan baterainya? Setting default, Galaxy Z Fold 4 memiliki baterai berkapasitas 4.400 mAh, tambahan Galaxy Z Fold 3.

Baterai tersebut juga dapat diisi dayanya melalui konektor USB-C dengan daya 25 watt, namun kini pengisian nirkabel sedikit lebih cepat dengan daya 15 watt, alih-alih 11 watt.

Setelah menggunakan Galaxy Z Fold 4 selama beberapa pekan, kami dapat menyimpulkan bahwa ponsel ini digunakan dengan kuat untuk penggunaan normal (media sosial, mengakses browser, berfoto, dan lain-lain).

Artinya, Anda tak perlu repot-repot membawa charger atau powerbank untuk mengisi daya perangkat, ketika Anda pergi dari pagi hingga malam hari.

Galaxy Z Fold 4 kami memiliki screen-on-time (SoT) harian dalam angka 10-12 jam, sedankan untuk screen-off-time alias layerar mati dalam keadaan standby berada di angka yang sama 5-10 jam.

Kamera- Review Samsung Galaxy Z

Beralih ke aspek kamera, Galaxy Z Fold 4 dibekali dengan tiga buah kamera di bagian belakang masing-masing beresolusi 50 MP, 10 MP (telephoto) dan 12 MP (ultra wide angle).

Pada bagian cover screen terdapat kamera selfie beresolusi 10 MP, sedan di laar utama terdapat kamera Under Display beresolusi 4 MP.

Secara keseluruhan, kehadiran lima kamera di ponsel lipat ini mampu mendukung kegiatan foto kami sehari-hari, baik itu di malam hari maupun siang hari.

Beberapa fiturnya juga membantu kami untuk menghasilkan foto yang cukup baik, salah satunya adalah fitur Rear Cam Selfie yang bakal menyulap cover screen menjadi “kaca” ketika pengguna memakai kamera bellacan untuk swafoto.

Jadi Rayak Dipinang?

Samsung Galaxy Z Fold 4 varian warna beige, phantom black, abu-abu hijau.

Tidak, melihat ulasan kami di atas, kami yakin bahwa Galaxy Z Fold 4 merupakan ponsel lipat Samsung yang mirip dengan Galaxy Z Fold 3, namun dengan beragam peningkatan aspek ketahanan, perangkat keras, dan sebagainya.

Ponsel ini pun kami pastikan cocok bagi Anda yang belum pernah menyentuh ponsel lipat sama sekali, terlebih jika Anda merupakan pekerja aktif yang sehari-harinya mengandalkan gadget.

Namun bagi Anda pengguna Galaxy Z Fold 3, kemungkinan tidak akan merasakan banyak perbedaan di Galaxy Z Fold 4. Sehingga, ada baiknya untuk tetap beralih dan menunggu ponsel generasi berikutkina, Fold

Tetapi, jika Anda memiliki dana lebih, tentunya boleh-boleh saja mengganti Galaxy Z Fold 3 Anda Dengan Galaxy Z Fold 4.

Sebab, peningkatan antar-generasi tersebut hanya akan dirasakan ketika Anda mencoba Galaxy Z Fold 4 secara langsung dalam penggunaan sehari-hari.

Tidak, Galaxy Z Fold 4, Anda harus menyiapkan dana Minimal Rp 25 juta untuk varian 12 GB/256 GB, Rp 27 juta untuk varian 12 GB/512 GB, atau Rp 31 juta untuk varian

Ponsel tersebut sudah bisa dibeli di toko mitra Samsung, baik offline maupun online, serta situs Samsung.com.

Itulah ulasan mengenai  Samsung Galaxy Z Fold 4: Z Fold 3 Perangkat Keras Jempolan, yang dihimpun alvnara.