Twitter Jajal Fitur “Edit Tweet”, Begini Tampilannya

Twitter Jajal Fitur Edit Tweet kepada pengguna Twitter untuk merevisi twit mereka,  menjadi perbincangan di internet selama beberapa tahun belakangan.

Kini, Twitter mengonfirmasi bahwa fitur yang bakal bisa digunakan melalui tombol “edit twit” tersebut memang akan hadir dan tengah diuji coba kepada sekelumit pengguna.

Hal itu disampaikan Twitter melalui sebuah pengumuman di blog resminya dan sebuah twit menggelitik yang diunggah akun resmi Twitter dengan handle @Twitter.

Disebut menggelitik karena mereka merekam pengguna yang dan fitur Edit Tweet tersebut.

Seperti diketahui, fitur Edit Tweet sempat menjadi kontroversi, karena sejumlah pengguna khawatir fitur ini disalahgunakan beberapa pihak untuk menghilangkan jejak pernyataan yang dipublikasikan.

Twitter Jajal Fitur “Edit Tweet”

jika Anda melihat Tweet yang diedit, itu karena kami sedang menguji tombol edit

ini terjadi dan Anda akan baik-baik saja

“Apa yang sudah diedit melihat twit yang sudah diedit, maka itu merupakan hal yang wajar. Karena kami sedang menguji kalian untuk mengedit twit,” tulis Twitter dalam sebuah twit.

“Ini memang benar-benar terjadi, dan tenang saja, Anda akan baik-baik saja,” imbuh Twitter.

Cara kerja fitur Edit Tweet – fitur Edit Tweet

Dalam pengujian ini, Twitter mengatakan pengguna yang sudah menemukan tombol edit twit ini nantinya bisa mengubah twit mereka sebanyak beberapa kali.

Twitter tak menyebut berapa kali pengguna bisa mengubah twit, namun, hal itu bisa mereka lakukan dalam durasi 30 menit setelah twit asli diunggah.

Ketika menggunakan fitur ini, twit yang telah diedit bakal dilabeli dengan informasi “Last edited …” yang dilengkapi dengan informasi waktu kapan twit tersebut diedit.

Twitter Ilustrasi tampilan twit yang sudah diedit – fitur Edit Tweet

Jika pengguna, baik itu pemilik twit atau orang lain, mengeklik label tersebut, maka mereka dapat melihat riwayat perubahan twit.

Hal ini tentunya menjadi sebuah solusi bagi para pengguna yang khawatir fitur atau tombol edit twit bakal menghilangkan jejak digital tadi. Sebab, mereka masih bisa melihat twit asli melalui label ini.

Twitter mengatakan fitur Edit Tweet untuk saat ini masih diuji coba pada sejumlah pengguna. Mereka tidak menyebutkan pengguna di negara mana untuk mencoba fitur ini.

fitur ini dipastikan bakal digelontorkan ke sejumlah pengguna berbayar Twitter Blue, sebagai salah satu manfaat mereka berlangganan layanan premium tersebuut.

Tidak disebutkan kapan fitur ini bakal meluncur ke publik dan bisa digunakan pengguna secara luas.

Tombol penampakan edit di Twitter – fitur Edit Tweet

Twitter/ @TwitterComms Ilustrasi fitur tombol edit di Twitter untuk mengedit kicauan.

Seperti sudah diketahui, tombol edit di Twitter sendiri menjadi perbincangan di dunia maya selama beberapa tahun belakangan.

Twitter sendiri adalah pertama kali membagikan penampakantwit setelah diedit yang dibubuhi dengan label tadi.

Sebelumnya pada awal April lalu, mereka sempat mengumbar bahwa fitur Edit Tweet ini bakal ditemui pengguna melalui menu ikon “tiga titik” pada bagian atas setiap twit.

Setelah mengeklik ikon tersebut, pengguna kemudian bakal menemukan tombol “Edit Tweet” untuk mengubah twit mereka.

???? pic.twitter.com/I13wE3eLdn

Twitter belum mengumbar bagaimana tampilan kolom penyuntingan twit yang akan dilihat pengguna, terutama setelah mereka menekan tombol “Edit Tweet” tadi.

Yang jelas, dengan hadirnya tombol ini, pengguna Twitter nantinya tetap bisa memperbaiki dan mengoreksi kesalahan dalam twitnya, tanpa harus memberikan balasan, retweet, atau tanda suka (like) yang sudah diperoleh.

Kesalahan-kesalahan tersebut bisa mencakup kesalahan tata bahasa, salah ketik (salah ketik), link yang mati atau tidak bekerja, hingga mengoreksi kata-kata kasar yang mungkin ditulis ketika pengguna sedang emosi.

Selama ini, satu-satunya cara untuk mengoreksi dan memperbaiki twit adalah dengan cara menghapus twit awal dan mengunggah twit yang baru.

Itulah ulasan mengenai Fitur Twitter terbaru, yang dihimpun alvnara.