Browsing di Android Lebih Aman, Fitur Lock Incognito Chrome

Incognito adalah salah satu mode Google Chrome yang melindungi pengguna saat menjelajah internet.

Fitur Lock Incognito Chrome ini memungkinkan pengguna Chrome melakukan penelusuran tanpa masuk ke riwayat penjelajahan mereka.

Dengan Lock Incognito, Chrome memungkinkan pengguna melakukan aktivitas pribadi tanpa khawatir meninggalkan jejak.

Fitur Lock Incognito

Saat menjelajah dalam Incognito, pengguna harus memastikan bahwa halaman selalu terbuka.

Saat halaman ditutup, situs web yang Anda kunjungi menggunakan Lock Incognito akan hilang dan riwayat penjelajahan Chrome Anda tidak dicatat.

Masalah lain dengan pengguna yang membiarkan tab Incognito terbuka adalah bahwa orang lain yang mengakses ponsel Android mereka juga dapat melihat laman Incognito terbuka.

Untuk mengatasi masalah ini, Incognito Mode menyediakan opsi untuk mengunci Chrome Incognito Mode seperti dikutip The Sun, Kamis, 22 September 2022.

Lock Incognito menyediakan kemampuan untuk mencegah orang lain yang memegang ponsel cerdas Anda mengakses halaman penyamaran Anda.

Sebelum menggunakan Lock Incognito, pastikan perangkat Android Anda menggunakan perangkat lunak terbaru dan Chrome sudah diperbarui.

Pengguna hanya perlu pergi ke Pengaturan Chrome dan pilih menu Privasi & Keamanan. Temukan opsi untuk mengunci tab Incognito saat Anda keluar dari Chrome, lalu geser pengalih untuk mengaktifkan penguncian.

Setelah itu, saat pengguna keluar dari aplikasi Chrome, halaman Lock Incognito akan otomatis terkunci.

Opsi ini masih diluncurkan secara bertahap dan tidak tersedia secara luas di semua versi Android karena fitur ini memerlukan pembaruan terbaru dari aplikasi Chrome.

Untuk mendapatkan Android versi terbaru, Anda dapat menggunakan fitur ini dengan mengunjungi tautan berikut: chrome://flags/#incognito-reauthentication-for-android

Penguncian disediakan, tetapi Incognito hanya dapat melindungi sidik jari penjelajahan pengguna dengan mencegah pengguna masuk ke Riwayat Chrome.

Anda telah mengunjungi situs web dan ISP Anda masih dapat mengetahui bahwa Anda sedang mengakses situs tersebut.

Untuk mengatasi masalah ini dan meningkatkan aktivitas penjelajahan, pengguna dapat menginstal VPN saat menjelajah. Dengan mengaktifkan VPN, pengguna dapat mencegah ISP mereka membaca situs web yang mereka kunjungi.

Sementara itu, Google telah merilis Chrome 105.0.5195.102 untuk pengguna Windows, Mac dan Linux untuk mengatasi kerentanan berbahaya atau tingkat tinggi.

Dalam blog penasihat keamanan baru-baru ini, Google menyatakan bahwa “Google mengetahui laporan eksploitasi CVE-2022-3075 (eksploitasi nol hari ke-6)”.

Zero-day adalah serangan siber yang dilakukan dengan memanfaatkan kerentanan dalam sebuah platform atau situs web.

Versi baru diluncurkan di saluran Desktop Stabil, yang menurut Google akan mencapai basis pengguna penuh dalam hitungan hari atau minggu.

Pembaruan ini akan segera tersedia dengan membuka menu Chrome > Bantuan > Tentang Google Chrome.

Browser web Anda akan secara otomatis memeriksa dan menginstal pembaruan baru setelah peluncuran berikutnya. Ini kutipan dari Bleeping Computer, Minggu, 9 April 2022.

Bugzero-day tetap ini (CVE-2022-3075) adalah kerentanan keamanan tingkat tinggi yang dihasilkan dari validasi data yang tidak memadai di Mojo, rangkaian pustaka runtime yang memfasilitasi pengiriman pesan melintasi batas proses yang tidak teratur.

Google mengatakan penemuan itu dibuat oleh peneliti keamanan yang memilih untuk melaporkan masalah keamanan secara anonim.

Vendor browser mengatakan Zero dieksploitasi di “Wildlife”, tetapi tidak membagikan detail atau informasi teknis apa pun tentang insiden tersebut.

“Akses ke detail bug dan tautan dapat terus dibatasi hingga sebagian besar pengguna diperbarui dengan perbaikan,” kata Google.

Google menambahkan bahwa “kami akan mempertahankan pembatasan bahkan jika ada bug di perpustakaan pihak ketiga yang bergantung pada proyek serupa lainnya tetapi belum diperbaiki.”

Dengan menunda pengungkapan lebih lanjut dari serangan ini, Google akan bertujuan untuk memberi pengguna Chrome waktu yang cukup untuk memperbarui dan memblokir upaya serangan, memungkinkan lebih banyak penyerang meluncurkan serangan mereka sendiri.

itulah ulasan mengenai Penjelajahan Ponsel Android Yang Lebih Aman Dengan Fitur Lock Incognito yang dihimpun oleh alvnara.